Resep Membuat Sumpia Abon Yang Renyah dan Gurih

Sponsored Links

Buat para penggemar camilan gurih, pasti bakal suka dengan Sumpia Abon yang satu ini. Bentuknya mirip dengan Lumpia, tapi ukurannya lebih kecil dan dan memiliki tekstur yang renyah kriuk-kriuk. Cara membuat sumpia abon ini gampang dan praktis kok bun, cukup simak resep dan cara membuatnya berikut ini..

Sumpia Abon

Bahan Kulit:
  • 150 gram Tepung terigu
  • 30 gram tepung tapioka
  • 20 gram margarin
  • 1/2 sdt garam
  • Air dingin secukupnya 
Cara Membuat:
  1. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, kanji, garam dan margarin. Campur dan aduk sampai rata.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis dan nggak lengket di tangan.
  3. Bagi adonan jadi 6 bagian, kemudian giling tiap bagian menggunakan botol kaca sampai tipis dan rata. Menggilingnya pelan-pelan ya bun, supaya nggak robek. Setelah tipis, potong kotak-kotak seperti pada gambar di atas. Jika terasa masih lengket, bisa diberi sedikit taburan tepung tapioka.
  4. Isi kulit dengan abon ikan secukupnya, kemudian lipat amplop seperti membuat lumpia. Rekatkan ujung lipatan menggunakan putih telur.
  5. Goreng sumpia menggunakan minyak agak banyak dengan api sedang, sampai berwana kuning kecuklatan. Angkat dan tiriskan.
  6. Biarkan sumpia sampai dingin, baru kemudian simpan di dalam toples yang kedap udara.
Selesaiii! Praktis kan? Oh iya, abon ikan bisa juga diganti dengan abon ayam, abon sapi atau ebi udang. Tergantung selera aja ya bun. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini: