Resep Membuat Telur Gabus Super Renyah dan Gurih Bikin Nagih

Sponsored Links

Renyah dan gurihnya cemilan yang satu ini memang selalu bikin nagih, ya!! telur gabus namanya. Selain pembuatannya super mudah dan gampang, memakai bahannya pun sangat sederhana. Makin penasaran cara membuatnya bun? Simak langsung resep yang satu ini..

Telur Gabus

Bahan-Bahan:

Tepung tapioka/tepung sagu (sagu tani) sebanyak 500 gram
Keju cheddar parut sebanyak 100 gram
Telur sebanyak 5 butir
Margarine sebanyak 150 gram
Garam sebanyak 1 ½ sendok teh
Minyak goreng secukupnya (dingin)

Cara Membuat:

Masukkan 500 gram tepung sagu dengan 1 ½ sendok teh garam dan 100 gram keju parut ke dalam wadah lalu aduk hingga rata.
Setelah itu masukkan 150 gram margarin dan 5 butir telur, lalu uleni hingga kalis atau sampai tidak lengket lagi pada tangan.
Pastikan adonan yang bunda uleni harus benar-benar kalis, jangan sampai ada bahan-bahan yang masih belum menyatu, atau bisa bunda tambahkan margarin lagi apabila perlu. Dan ingat, jangan sekali-kali bunda menambahkan air pada adonan.
Ambil sedikit adonan, lalu bentuk bulatan, kemudian pilin menjadi berbentuk panajang seperti yang terlihat pada gambar.
Masukan minyak goreng ke atas wajan secukupnya dan JANGAN dulu menyalakan kompor. Lalu masukkan adonan telur gabus yang sudah dipilin-pilin tadi sampai penuh, kemudian setelah nyalakan kompor. [ jangan memasukan/menggoreng kue gabus ke dalam minyak yang panas]
Goreng kue gabus di atas API KECIL hingga kue mengapung ke atas. Begitu kue mengapung segera naikan apinya menjadi sedang lalu goreng hingga warnanya menjadi coklat keemasan, angkan dan tiriskan.
Setelah kue telur gabus dingin segera masukan ke dalam toples kedap udara supaya kerenyahanya tetap terjaga.

Note : untuk proses penggorengan adonan selanjutnya, bunda pastikan minyak gorengnya biarin dingin dulu. Atau bunda bisa menyiapkan 2-3 wajan penggorengan supaya prosesnya bisa cepat.
Dalam proses penggorengan telur gabus ini memang agak sedikit ribet, tetapi akan terobati dengan hasil yang kita dapatkan, yaitu kue telur gabus yang renyah kriuk gurih dan enak.

Untuk bentuk telor gabus ini tidak hanya panjang seperti pada umumnya bisa bunda kreasikan sesuai selera seperti kue keuk juga tidak apa-apa bunda ya.

Selamat mencoba ya…!
Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini: